Minggu, 03 Februari 2019

Prinsip Desain Grafis

Pengertian tentang konsep prinsip desain grafis adalah hal mendasar  yang harus diperhatikan  agar informasi, pesan, dan kesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.
Ada beberapa prinsip-prinsip desain yang harus dipahami yaitu:

1.       Balance ( Keseimbangan)
Keseimbangan Radial

Keseimbangan Simetris

Keseimbangan memiliki arti bentuk dan ukuran mendekati sama, seperti kita memandang badan kita di cermin. Ada beberapa jenis keseimbangan yaitu :
-        Keseimbangan simetris yaitu objek yang terbentuk memiliki bentuk dan ukuran yang ralatif sama tetapi jika ditarik garis lurus baik vertical maupun horizontal seolah-olah memiliki benda asli dan bayangan pada cermin
-          Keseimbangan asimetris yaitu keseimbangan yang tidak memiliki dimensi yang sama namun masih mengilustrasikan sebuah objek yang utuh.
-     Keseimbangan radial yaitu mirip dengan keseimbangan simetris namun memiliki titik pusat yang menjadi awal pemancaran arah gerak objek.
2.       Sequence atau Rhythm (Urut/irama 
Dikatakan irama karena susunan dan tata letak dilakukan secara berulang-ulang dan membentuk pola tertentu.



Ada beberapa jenis ritme atau irama dalam desain grafis :
-          Flowing yaitu tata letak objek dalam media layaknya air.
-          Regular yaitu pengulangan tata letak objek dengan dimensi ukuran, jarak dan bentuk yang sama.
-          Gradual/progresif yaitu mode perulangan yang mengalami perubahan sedikit demi sedikit.
3.       Empashis ( Penekanan) yaitu prinsip desain yang memberikan perbedaan mendasar pada desain yang satu dengan yang lainnya. Jika ada dua gambar yang memiliki kemiripan namun jika diperhatikan dengan teliti akan nampak perbedaannya.
4.       Unity ( Kesatuan  )
Merupakan prinsip desain yang memberikan konsep tentang kesatuan utuh sebuah desain sebagai objek baru, yang pada setiap elemen-elemen yang tersusun saling berkaitan, serasi dan selaras hingga Nampak harmonis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar